Cara menggunakan Rufus

Halo sobat Ngebug, selamat malam! Disini saya akan memberikan tips atau tutorial melihat tipe menggunakan rufus pada sistem operasi Microsoft Windows 10. Sebelum memulai tutorial, kita akan membahas secara singkat apa yang dimaksud dengan rufus?. Jadi sobat Ngebug, rufus merupakan aplikasi berbasis open source yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat USB flash drive yang dapat menjadi USB booting atau Live USB, lebih tepatnya sebagai perantara untuk instalasi sistem operasi.

Nah sobat Ngebug, untuk menggunakan rufus dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 sebagai berikut.

1. Sebelum menggunakan rufus dengan sistem operasi Microsoft Windows 10, pastikan bahwa sistem operasi yang kamu gunakan adalah sistem operasi Windows 10 dan sudah terinstall rufus atau rufus portable yang bisa kamu download di https://rufus.ie/id.

2. Pada keyboard kamu, tekan tombol icon windows untuk menampilkan start menu. Lalu ketikkan “rufus”. Lalu klik aplikasi rufus untuk membuka aplikasi tersebut.

3. Jika sudah maka akan tampilan aplikasi rufus. Disana kamu bisa langsung mengubah device (device berupa USB flash drive). Lalu pada Boot selection pilih Disk or ISO image (please select) dan klik SELECT untuk memilih file ISO.

4. Setelah konfigurasi diatas maka akan memunculkan status READY jika tak ada permasalahan dan klik START untuk memulai pemformatan beserta pembuatan USB bootingnya.

5. Selamat kamu berhasil menggunakan rufus dengan sistem operasi Microsoft Windows 10.

Leave a Reply