Cara cek kecepatan internet

Halo sobat Ngebug, selamat malam! Disini saya akan memberikan tips atau tutorial pengecekan kecepatan internet wifi atau paket data kamu. Sebelum memulai tutorial, kita akan membahas secara singkat kenapa kita harus melakukan pengecekan kecepatan internet?. Jadi sobat Ngebug, kenapa kita harus melakukan pengecekan kecepatan internet itu yaitu karena kita harus tahu informasi-informasi terkait siapa providernya, berapa kecepatan ping, download dan uploadnya dll. Jadi intinya kita bisa lihat seberapa cepat kecepatan internet yang tertera disana dalam hal pengunaan internet atau juga bisa untuk memastikan apakah kecepatan internet yang dibeli sudah sesuai atau tidak. Pengecekan kecepatan internet dilakukan menggunakan platform web yaitu Speedtest by Ookla tanpa harus daftar atau login.

Nah sobat Ngebug, untuk tutorial pengecekan kecepatan internet menggunakan Speedtest by Ookla sebagai berikut.

1. Akses situs resmi speedtest.net di browser kamu.

2. Pada laman utama dari situs Speedtest langsung menampilkan informasi-informasi terkait provider, IP address, optimal server yang digunakan untuk dilakukannya tes kecepatan internet (kamu bisa mengganti sesuai keinginan namun disarankan lebih baik secara default saja), connections yang mana terdapat Multi dan Single. Perlu diketahui Multi itu pengecekan lebih dari satu koneksi disaat yang sama serta dihitung secara total disemua koneksi. Sedangkan Single itu pengecekan satu koneksi saja dimana berfokus untuk mengukur kecepatan internet.

3. Jika sudah mengkonfigurasi informasi-informasi tersebut maka langsung saja klik GO.

4. Akan muncul tampilan proses meliputi kecepatan ping, download dan upload seperti gambar dibawah ini.

5. Jika sudah maka akan muncul laman RESULTS. Dalam laman ini terdapat semua informasi terkait kecepatan internet kamu dan kamu juga bisa memberikan feedback pada provider kamu yang ada pada RATE YOUR PROVIDER.

6. Selamat kecepatan internet kamu berhasil dicek.

Leave a Reply